Kabupaten Sidoarjo
kesehatan
RUMPI ASIK (Forum Opini Agar Sibar Lebih Baik) - UPDATE
Inovasi pelayanan publik
Digital
13 March 2022, 17:00:00
31 March 2022, 17:00:00
RSUD Sidoarjo Barat merupakan Rumah Sakit Umum Daerah yang mulai beroperasi pada tanggal 1 April 2022. RSUD Sidoarjo Barat terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat, serta berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan tersebut, tentunya membutuhkan peran serta masyarakat. Untuk itu, RSUD Sidoarjo Barat membuat inovasi RUMPI ASIK (foRUM oPIni Agar Sibar lebIh baiK). RUMPI ASIK merupakan platform yang menampung keluhan atau pengaduan, kritik dan saran masyarakat terkait pelayanan di RSUD Sidoarjo Barat dan berfokus pada pendalaman kepuasan dan loyalitas pelanggan.
RUMPI ASIK berupa google formulir, inovasi ini dicetak dalam flyer yang terdapat Scan QR Barcode atau pada link https://bit.ly/RUMPIASIK dan ditempelkan pada tempat yang mudah di akses oleh masyarakat seperti di depan kasir, front office, instalasi rawat jalan, dan pada ruang pelayanan lainnya. Dengan begitu, masyarakat dengan mudah mendapatkan akses dan fasilitas dalam menyampaikan opininya. Kritik dan saran yang telah diberikan selalu di evaluasi setiap hari. Dari adanya inovasi ini, dapat dijadikan evaluasi terkait pelayanan RSUD Sidoarjo Barat yang diberikan kepada masyarakat. Sehingga hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan dan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap RSUD Sidoarjo Barat. RSUD Sidoarjo Barat akan terus berupaya mengembangkan inovasi ini.
Langkah-langkah penggunaan RUMPI ASIK:
- Masyarakat men-scan QR Barcode dengan aplikasi scan di Handphone
- Jika tidak mempunyai aplikasi scan barcode bisa menuju pada google dan mengisi RUMPI ASIK pada link https://bit.ly/RUMPIASIK
- Setelah masuk ke dalam RUMPI ASIK, masyarakat dapat mengisi identitas diri berupa nama, umur, pekerjaan, jenis kelamin, alamat, nomor handphone
- Kemudian masyarakat dapat mengisi survey kebutuhan, termasuk kebutuhan fasilitas pelayanan untuk RSUD Sidoarjo Barat
- Lalu masyarakat dapat mengisi survei kepuasan terkait pelayanan yang sudah diberikan oleh RSUD Sidoarjo Barat, mulai dari pelayanan yang didapatkan, nama petugas yang memberikan pelayanan, waktu kejadian, dan survei terkait sistem, prosedur dan mekanisme pendaftaran sampai pada pelayanan.
- Selanjutnya, masyarakat mengisi kronologis keluhan terkait pelayanan kesehatan yang telah diberikan
- Dan yang terakhir, masyarakat dapat memberikan sarannya pada kolom formulir yang telah disediakan
OPD
Adanya inovasi RUMPI ASIK sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan di RSUD Sidoarjo Barat.
Manfaat RUMPI ASIK :
- Masyarakat dapat dengan mudah memberikan keluhan, kritik dan sarannya terkait pelayanan kesehatan yang ada di RSUD Sidoarjo Barat
- RSUD Sidoarjo Barat dapat meningkatkan kualitas pelayanan dari adanya keluhan, kritik, dan saran yang diberikan oleh masyarakat
2022
Admin RSUD Barat